tugas isd ke 9

NAMA: ARIF SUMARSONO
NPM: 1B117019

Kaitan Agama & Masyarakat dapat dibuktikan dengan adanya pengetahuan agama, Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, figur Nabi, pemahaman religi yang memperkuat adanya Tuhan Yang Maha Esa.

Soal :
1. Apa yang menjadi fungsi agama dalam masyarakat ?
Jawab:
1.   Sebagai sarana pendidikan
Agama dapat berfungsi sebagai sarana terbaik untuk mengajarkan hal hal yang baik yang dapat menguntungkan banyaak pihak sesuai dengan perintah atau larangan yang harus dijalankan dan dipatuhi , agar seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih baik daan selalu berada padaa jalan kebenaran dan kebaikan menurut ajaran dan kepercayaan masing masing.
Menurut saya fungsi agama sebagai sarana pendidikan yaitu cara untuk mengamalkan dan mengajarkan nilai-nilai keagamaan seperti dalam majelis ilmu, pengajian, ataupun ibadah untuk mengajarkan bahwa pentingnya memahami dan memperkuat agama artinya mempercayai ketuhanan yang maha esa.
2.    Sebagai sarana untuk keselamatan
Menurut saya agama adalah cara kita sebagai bekal nanti di akhiirat kelak aritnya kita jangan hanya mencari ilmu dan memikirkan dunia semata, melainkan memikirkan adanya akhirat atau hari akhir. Manusia tidaklah kekal oleh karenna itu kita harus belajar memperdalam agama agar tidak tersesat didunia dan akhirat.
3.   Sebagai alat untuk sosial
Menurut saya agama pada kehidupan sosial sangat memegang peranan penting, bagaimana tidak jika seseorang tidak beragama di kehidupan sosilanya pasti tidak akan memikirkan dosan baik atau buruknya perbuatan dan nilai norma yang ada. Pada kehidupan sosial agama berperan sebagai pedoman kita dalam berperilaku dan berinteraki terhadap mahluk sosial yang lain.
4.   Sebagai identitas diri
Apa jadinya jika seseorang tidak mempunyai agama, bagi saya agama adalah identitas diri yang wajib ada sejak kita dilahirkan. Artinya jelas pada kehidupan sosial kita mempunyai identitas agama atau keyakinan apa yang kita peluk dan juga sebagai pedoman bagi kehidupan kita.

2. Bagaimana menjaga harmonisasi antar umat beragama di Indonesia ?
Jawab:
1. Saling tenggang rasa, menghargai, dan toleransi antar umat beragama
2. Tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu.
3. Melaksanakan ibadah sesuai agamanya
4. Mematuhi peraturan keagamaan baik dalam agamanya maupun peraturan Negara atau  
    Pemerintah

3. Bagaimana penerapan nilai-nilai, norma-norma keagamaan agar mampu mendorong pola fikir manusia (masyarakat) agar terhindar dari pebuatan/ tercela seperti melakukan tindak korupsi, menyakiti sesama misalnya dengan menyebar fitnah, minum yang beralkohol atau narkoba ?
Jawab:
1. Pembiasaan
Membiasakan untuk melakukan hal-hal yang baik dan teratur. Salahsatunya dengan berbuat baik terhadap sesama, membuat kegiatan yang positif, rajin belajar, bertindak jujur dll. Hal baik seperti ini jika dibiasakan  akan berpengaruh terhadap wataknya dan akan selalu diingat hingga tua kelak.
2. Penyadaran
Di samping adanya pembiasaan yang disertai contoh dan teladan, selain itu harus diberikan penjelasan-penjelasan tentang pentingnya diadakan peraturan-peraturan dan harus menyadari nilai dan fungsi dari peraturan itu.
3. Contoh dan Teladan
Dalam hal ini, baik orangtua, pemimpin, maupun para pendidik harus menjadi contoh dan teladan yang baik.
4. Pengawasan
Pengawasan bertujuan menjaga atau mencegah agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pengawasan harus terus-menerus dilakukan, terlebih lagi dalam situasi-situasi yang sangat untuk melanggar nilai norma atau asusila.
5. Larangan
Larangan biasanya dikeluarkan jika melakukan sesuatu yang tidak baik, merugikan, atau bersifat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Misalnya berjudi, mabuk-mabukan, korupsi dll.

4. Menurut anda bagaimana Agama dapat menyatukan visi misi mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa  ?
Jawab:
Menurut saya Agama sangat berperan untuk menciptakan perdamaian, keamanan, dan persatuan karena agama selalu mengajarkan hal-hal baik yang baik. Selain itu setiap manusia yang taat beragama pasti mempunyai sifat budi pekerti, saling tenggang rasa serta saling menghormati satu sama lain sehingga dapat  terciptan persatuan dan kesatuan pada bangsa.



Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)