tugas isd ke 12

NAMA: ARIF SUMARSONO
NPM: 1B117019
Soal :

1. Menurut Anda, mengapa ISD sangat dibutuhkan oleh mahasiswa ?
Jawab:
Ilmu sosial dasar jelas sangat dibutuhkan bagi mahasiswa karena untuk melakukan interaksi dan hubungan sosial yang baik diperlukan ilmu sosial dasar sebagai dasar untuk bersosialisasi dan berpartisipasi didalam masyarakat. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengamalkan ilmu-ilmu sosial terhadap masyarakat sekitar sebagai bentuk pengabdian dalam bagian dari suatu kesatuan wilayah didaerah tempat tinggal mahasiswa tersebut. Selain itu ilmu sosial dasar juga penting dipelajari atau paling tidak mengerti dasar dari ilmu sosial dasar, dari sini kita dapat membantu suatu organisasi di masyarakat dan mengembangkannya kedalam bentuk yang lebih baik.

2. Bagaimana cara untuk meminimalis tingkat kemiskinan jika dilihat dari globalisasi ?
Jawab:
Sebagai mahasiswa saya berpendapat bahwa cara meminimalis tingkat kemisikinan bisa dilakukan dengan berbagai hal, terlebih di era globalisasi dimana era persaingan global yang mengharuskan kita untuk berpikir kreatif untuk menghadapi masalah globalisasi. Cara untuk meminimalis tingkat kemisikinan bisa dari segi ilmu, kesehatan, lapangan pekerjaan dan pembinaan masyarakat untuk mengajarkan cara bagaimana kita bisa survive dari tantangan kehidupan yang semakin keras ini. Pembinaan didalam mayarakat bisa dilakukan dengan cara misalnya pemahaman dalam hal pekerjaan yang dilakukan pada masyarakat tersebut agar bisa ditingkatkan dan bekerja secara optimal. Selain itu yang tidak kalah penting dari semua faktor diatas adalah masalah sarana prasarana untuk mendukung perekonomian didaerah tersebut, untuk membangun dan meningkatakan masalah kemiskinan di masyarakat sebaiknya dilakukan pembenahan sarana prasarana terlebih dahulu untuk mempermudah akomodasi serta jalannya perekonomian.

3. Berikan contoh konkrit kehidupan sosial masyarakat yang masih terjaga yang memiliki nilai positif ?
Jawab:
Kehidupan sosial masyarakat yang memiliki nilai positif masih dapat ditemukan pada era modern ini. Salah satunya adalah budaya gotong royong, nilai positif dari gotong royong ini tentu dapat dirasakan terlebih banyak faedah yang didapat dari kegiatan seperti ini. Manfaat yang didapat dari kegiatan gotong royong misalnya memupuk nilai kebersamaan, cinta terhadap lingkungan, saling bantu dan tolong menolong, meningkatkan sosialisasi didalam masyarakat, dll. Menurut saya sebagai mahasasiwa sebaiknya kehidupan sosial masyarakat yang mengadung nilai positif haruslah kita jaga, rawat dan lestarikan karena pada umumnya pada masa sekarang khususnya masayarakat perkotaan cenderung memiliki sifat individual yang tinggi dan kurangnya sosialisasi apalagi menjaga nilai positif yang ada di masyarakat.

4. Berikan contoh kehidupan toleransi agama di daerah Anda !
Jawab
Sejujurnya saya kurang mengetahui tentang masalah nilai kehidupan toleransi yang ada didaerah saya karena didaerah saya jarang melakukan kegiatan perayaan keagamaan. Yang saya tahu ketika umat muslim memasuki bulan puasa dan menjalankan ibadah puasa, maka umat beragama yang lain menghormati bahkan jika waktu sahur telah tiba, rasa toleransi pun sangat terasa karena agama non muslim pun terkadang ikut membangukan orang untuk sahur dan tidak merasa ternggangu jika ada sekelompok pemuda yang akan membangunkan sahur, bahkan teman saya ada yang mengikuti berpuasa seharian katanya untuk menghormati dan ingin merasakan bagaimana rasanya berpuasa seperti seorang muslim. Tentunya jika ada rasa toleransi beragama seperti itu patutlah kita jaga untuk menumbuhkan rasa persatuan dan gotong royong dalam hal keagamaan dan akan membuat sebuah perbedaan menjadi indah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)