tugas isd ke 3

Nama: Arif Sumarsono
NPM: 1B117019

 1. Apa yang anda ketahui tentang kebudayaan ?
     Jawab:
Kebudayaan itu adalah hasil dari buah pemikiran yang dihasilkan oleh manusia dengan artian yang luas. Kebudayaan juga merupakan suatu kelakuan manusia yang mempengaruhi suatu keadaan dan biasanya terjadi secarar terus menurus dan teratur.
Menurut saya mengenai kebudayaan itu sendiri adalah proses kegiatan yang dilakukan secara turun temurun dan sudah ada dan dijaga sejak dulu kala, artinya jika ada perayaan kebudayaan didaerah teresebut misalnya maka masyarakat tersebut akan memperingati dan melukan kegiatan kebudayaan tersebut.

2. Apa yang anda ketahui tentang kepribadian ?
    Jawab:
Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang. Sikap perasaan ekspresi & tempramen tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu. Setiap orang memiliki kecenderungan prilaku yang baku/berlaku terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang sedang di hadapi, sehingga jadi ciri khas pribadinya.
Kepribadian seseorang tentunya berbeda-beda contoh dari kepribadian pada diri saya adalah memiliki sifat pemalu, takut tidak diterima pada suatu kelompok dan tidak percaya diri namun dibalik semua itu tentu saya berusaha berkomunikasi dan bersosialisasi dengan gaya saya sendiri. Tentunya kepribadian muncul ketika sejak kecil dan sulit diubah jika sudah dewasa karena telah membekas sejak lama.
     
                                                                                         
3. Apakah menurut anda kebudayaan memiliki korelasi dengan kepribadian ? 
Jelaskan !
Jawab:
Menurut saya kebudayaan dan kepribadian saling memiliki hubungan satu sama lain yaitu dengan mempengaruhi (membangun) kepribadian melalui individu yang disesuaikan dengan norma yang berlaku. Secara sederhana hubungan antara manusia dengan kebudayaan ketika manusia sebagai perilaku kebudayaan,dan kebudayaan tersebut merupakan objek yang dilaksanakan sehari-hari oleh manusia.
Kolerasi yang sangat kenta bagi saaya adalah sifat dari diri pribadi masing-masing, dimana kebudayaan yang ada dimasyarakat bisa saja dianggap perlu atau bahkan dihiraukan bagi sebagian orang tentunya balik lagi, ini adalah masalah pribadi masing-masing dalam hal keterkaitan masalah kebudayaan dan kepribadian.

 4. Apa yang anda ketahui tentang ciri khas kepribadian bangsa timur ?
     Jawab:
Bangsa Timur dikenal dunia sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi. Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur dengan sifat ramah tamah, santun dan saling menghormati. Bangsa timur identik dengan benua asia yang sebagian besar penduduknya berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, bermata sipit. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku.
Sebagai mahasiswa yang saya ketahui adalah bangsa timur sedari dulu selalu membantu dan memberikan senyum walaupun itu terhadap orang asing ataupun terhadap orang yang baru kita kenal. Bahkan kita tak segan berinisiatif menawarkan bantuan jika ada seseorang yang membutuhkan bantuan atau pertolongan. Sifat ramah tamah serta baik terhadap sesama tentunya sudah diajarkan mulai dari orang tua kita sejak dulu dan maka dari itu bangsa timur bisa disebut atau dikenal sebagai bangsa yang ramah dan berbudi pekerti.

Referensi:
-          http://www.sejarah-negara.com/2017/01/7-pengertian-kebudayaan-menurut-istilah.html
-          http://www.pengertianku.net/2014/06/pengertian-kepribadian-secara-umum.html

-          http://andreandroiders.blogspot.co.id/2016/03/kepribadian-bangsa-timur-dan-bangsa.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)