tugas isd ke 8

NAMA         : Arif Sumarsono
KELAS         : 4KA20
NPM            : 1B117019

A .  Soal:
1. Apa yang anda ketahui tentang Stratifikasi atau pelapisan sosial ?
Jawab:
Stratifikasi sosial adalah pengelompokan anggota masyarakat kedalam lapisan-lapisan sosial secara bertingkat. Atau definisi stratifikasi sosial yaitu merupakan suatu pengelompokan anggota masyarakat berdasarkan status yang dimilikinya.
Stratifikasi sosial atau disebut juga dengan pelapisan sosial telah dikenal saat manusia menjalankan kehidupan. Terbentuknya stratifikasi sosial yaitu dari hasil kebiasaan manusia seperti berkomunikasi, berhubungan atau bersosialisasi satu sama lain secara teratur maupun tersusun, baik itu secara individual maupun berkelompok.

2. Jelaskan beberapa teori pelapisan sosial menurut para ahli minimal 3 (tiga) ?
Jawab:
Menurut Horton Dan Hunt
Menurutnya Stratifikasi sosial berarti sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.
Menurut Robert M. Z. Lawang
Menurutnya Stratifikasi sosial ialah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarkis menurut dimensi kekuasaan, privilege dan prestise.
Menurut Soerjono Soekanto
Menurutnya Startifikasi sosial ialah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat.
Menurut Bruce J. Cohen
Menurutnya Stratifikasi sosial ialah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai.

 3. Apa yang menyebabkan terjadinya pelapisan sosial ?
Jawab
-      Ukuran kekayaan
Seseorang yang memiliki banyak harta tentunya disegani dan dihormati dilingkungan tentunya ini langsung tidak langsung menyebabkan pelapisan sosial didalam masyarakat. Semakin banyak harta yang dimiliki maka semakin tinggi derajatnya begitu seterusnnya.
-      Ukuran kekuasaan.
Orang yang memiliki posisi penting atau berpengaruh dilingkunganya tentunya lebih dikenal dan lebih dihormati daripada orang bisa misalnya seperti presiden, gubernur, lurah, dll. Biasaya orang yang mempunyai jabatan tinggi menganggap orang yang berada dibawahnya sebagai bawahanya dan menganggap dia lebih baik dari orang tersebut tergantung tingkat dan kedudukannya.
-      Ukuran ilmu pengetahuan.
Sesorang yang memiliki gelar dan ilmu yang tinggi misalnya sarjana atau bahkan doktor tentu lebih baik daripada dia yang hanya tamatan sma atau bahkan smp. Ukuran ilmu pengetahuan secara kasat mata dapat terlihat dari pekerjaan, pola berpikir dan sebagainya tentunya ini menjadikan pelapisan sosial didalam masyarakat.

4. Bagaimana menurut anda menyikapi stratifikasi atau pelapisan sosial ?
Jawab
Menurut saya stratifikasi atau pelapisan social dapat menyebabakan perbedaan sikap dan kecemburuan social  dan tidak mungkin untuk terjadinya konfliksosial antara kelas social satu dengan lainya.


B. Soal:
1. Apa yang anda ketahui tentang Persamaan Derajat di Indonesia ?
Jawab
Persamaan derajat adalah persamaan yang dimiliki oleh diri pribadi kepada diri orang lain ataupun masyarakat,biasanya persamaan derajat itu dapat dinyatakan dengan HAM Hak Asasi Manusia yang telah diatur dalam UU.
Setahu dan pendapat saya tentang persamaan derajat di indonesia pada saat ini adalah masih banyaknya orang yang meninggikan derajatnya yang lebih tinggi dari orang lain tentunya itu sangat berlawanan dengan hak asasi manusia sebagai yang seharusnya semua derajat manusia itu adalah sama.

2. Jelaskan Persamaan hak azasi manusia menurut Declaration of Human Right  ?
Jawab
Pernyataan Hak-hak Asasi Manusia se-dunia yang diterima dan disetujui oleh PBB, pada tanggal 10 Desember 1948. Deklarasi ini merupakan hasil kinerja komisi hak asasi manusia (Commision of Human Rights) yang didirikan pada tahun 1946 oleh PBB. Isi dari deklarasi ini menyatakan bahwa manusia itu dilahirkan sama dalam martabat dan hak-haknya. Setiap orang berhak akan hidup, merdeka, dan keamanan dirinya, dan tak seorangpun boleh dihukum atau dianiaya secara kejam dan tidak manusiawi. Berdasarkan pernyataan hak-hak asasi manusia sedunia yang telah disetujui PBB, maka tanggal 10 Desember diperingati sebagai hari Hak Asasi Manusia se-dunia.


C. Soal:
1. Apa yang anda ketahui tentang Elite & Massa ?
Jawab
Pengertian elite secara umum menunjukkan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi. Sedangkan dalam arti lebih khusus yaitu sekelompok orang-orang terkemuka di bidang-bidang tertentu khususnya golongan kecil yang memegang kekuasaan.
Elite menurut saya adalah sebutan bagi kaum yang berkedudukan tinggi atau kalangan atas dan sebutan itu biasanya ada pada pejabat atau menteri atau pengusaha sukses yang memiliki kekuasaan
Massa, menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan. Massa diwakili oleh orang-orang yang berperan serta dalam perilaku masal. Atau mereka yang ikut berperanserta dalam suatu migrasi dalam arti luas.

Massa yang saya ketahui adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama yang diwakilkan oleh sekelompok orang untuk mewakili aspirasi yang ada pada masyrakat terkait hal-hal yang umum hingga khusus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)