tugas isd ke 7


Nama  :
Arif Sumarsono
NPM     : 1B117019

1. Apa yang anda ketahui tentang :
Jawab :
a. Ilmu Pengetahuan
ilmu pengetahuan adalah disiplin ilmu yang mempelajari alam semesta sehingga manusia dapat mengetahui dan mengembangkan ilmu tersebut untuk di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Dari sini kita bisa tahu bahwa yang namanya ilmu pengetahuan adalah ilmu yang berkaitan dengan alam dan sebagai mahasiswa tentunya kita patut mempelajari ilmu pengetahuan sebagai wawasan dan landasan sebagai manusia yang berpengetahuan.
 b. Teknologi
Teknologi adalah pengetahuan yang diterapkan pada sebuah pengembangan sistem dan menciptakan alat-alat yang dapat membantu pekerjaan manusia.
Jadi teknologi adalah ilmu yang mempelajari tentang alat yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, teknologi diciptakan berdasarkan pengembangan dari ilmu pengetahuan dan dibuat sebuah model atau rancangan alat yang bisa kita sebut sebagai teknologi.
 c. Kaitan Ilmu Pengetahuan & Teknologi
Ilmu pengetahuan sangatlah berkaitan dengan teknologi karena saling memegang peran penting. Jika tidak ada ilmu pengetahuan maka teknologi tidak akan bisa berkembang karena teknologi merupakan hasil atau penerapan dari ilmu pengetahuan.

2. Jelaskan tentang Fenomena Teknologi pada masyarakat sesuai teori Sastrapratedja (1980)!
Jawab :
a. Rasionalitas, artinya tindakan spontak oleh teknik diubah menjadi tindakan yang direncanakan dengan perhitungan social.
b. Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan tidak alamiah.
c. Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi dan rumusan dilaksanakan serba otomatis. Demikian pula dengan teknik mampu mengelimkinasikan kegiatan non-teknis menjadi kegiatan teknis.
d. Monisme, artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung.
e. Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan ediologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan.
f. Otonomi, artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)