tugas isd ke 5

Nama: Arif Sumarsono
NPM: 1B117019


Bagaimana menurut anda tentang perbedaan dua pengertian pokok dalam hal Pembinaan & Pengembangan Generasi Pemuda :

1. Generasi Pemuda sebagai Subjek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal & kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri & memiliki potensi ?
Jawab:

Sebagaimana ditetapkan dalam garis-garis besar haluan negara pembinaan generasi muda sebagai tunas-tunas bangsa ditujukan agar mereka dapat menjadi pengganti generasi yang lebih baik, lebih bertanggung jawab dan lebih mampu mengisi  dan membina kemerdekaan bangsa. Untuk mewujudkan semua itu pemuda haruslah memiliki bekal dan pengetahuan dasar agar potensi diri dapat digali seluas-luasnya. Pembinaan dilakukan agar potensi dalam diri remaja dapat terarah dengan baik dan benar. Generasi muda juga diberi kesempatan untuk memilih kegiatan dan pelaksanaan kegiatan sebagai pemanfaatan waktu yang efektif dan rekreatif. Dengan demikian maka remaja dapat mengembangkan potensi diri yang tentunya berbeda satu sama lain dan menjadikan pribadi yang bermanfaat di lingkungan tempatnya berada.
Menurut saya dari hal yang bisa diambil diatas adalah jika kita telah memiliki bekal, wawasan, pengetahuan dan kemampuan sebaiknya ada media atau wadah yang dapat menyalurkan hal positif tersebut terlebih jika pembinaan sebaiknya diarahkan kearah yang benar dan untuk mengoptimalkan kemampuan diri yang ada saya rasa sebagai generasi pemuda saya akan mendukung dan mengharapkan generasi pemuda kedepan bisa lebih baik dari yang ada sekarang.

 2. Generasi Pemuda sebagai Objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang           masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi ?
Jelaskan dan berikan contohnya.. !
Jawab:

Generasi pemuda saat ini tentunya harulah dilakukan pembinaan dan pengembangan karena pada hakekatnya apa yang telah kita capai sekarang tidaklah terlepas dari perjuangan generasi pemuda sebelumnya. Terlebih lagi pada era globalisasi tentu tantanganya semakin berat karena dari tahun ketahun perkembangan teknologi dan persaingan sumber daya manusia sangatlah ketat.
Tentunya seseorang yang telah mapan dalam hal ini ilmu dan potensi diri bagi saya tidap perlu untuk dilakukan pembinaan melainka jika sudah punya ilmu yang cukup maka seharunya diamalkan dan diarahkan terhadap generasi muda agar potensi diri mereaka terbuka dan bisa melihat jauh kedepan sebenarnya potensi diri apa yang kita bisa dan pembinaan ini bagi saya diharapkan dapat membuka jati diri mereka sesungguhnya dan dapat berkembang kearah pertumbuhan potensi yang lebih matang.
Pembinaan dalam hal kepemimpinan contohnya, untuk mendapatkan pimpinan yang amanah, adil dan bertanggung jawab dibutuhkan pembinaan dan bimbingan yang baik agar menghasilkan suatu karakter kepemimpinan yang baik, berilmu dan berbudi pekerti.

  
 https://www.bappenas.go.id/files/8113/5022/6038/bab-14-1975- cek__20090203164744__1812__13.doc


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)