isd tugas ke 1

Nama: Arif Sumarsono
      NPM: 1B117019      

     1. Sebagai mahasiswa, apa yang anda ketahui tentang tujuan mempelajari ilmu sosial dasar?
   Jawab:

Tujuan dari mempelajari ilmu sosial dasar menurut saya adalah menambah pemahaman tentang cara berinteraksi dengan lingkungan sekitar serta memahami masalah-masalah sosial. Selain itu, kita dapat melakukan pendekatan diri kepada lingkungan untuk mencapai suatu tujuan bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang disekitar kita.


     2. Bagaimana anda menyikap keanekaragaman kehidupan sosial budaya yang ada di negara               Indonesia?
 Jawab:

Saling toleransi, empati dan toleransi satu sama lain. Menghargai perbedaan suku, agama, ras dan kelompok serta bahu membahu bekerjasama membangun bangsa dan negara kesatuan rebublik indonesia. Menjadikan perbedaan sebagai kekayaan bukan perbedaan dan menyadari bahwa setiap mahluk atau individu dilahirkan berbeda.

3. Peka terhadap masalah sosial adalah salah satu tujuan mempelajari mata kuliah ISD, berikan       penjelasan dan contohnya!
 Jawab:

Karena masalah sosial, budaya dan nilai-nilai moral dalam suatu lingkungan merupakan hal yang saling berkaitan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka, peka terhadap masalah sosial dapat dipergunakan untuk mencari pemecahan masalah kemasyarakat melalui pendekatan interdisipliner maupun multidisipliner ilmu-ilmu sosial.
Contoh: Kemiskinan adalah dimana ketidak mampuan dalam mencapai sesuatu yang diharapkan. dalam kemiskinan itu sendiri mempunyai faktor-faktor yang mempengaruhi seperti; tingkat pendidikan dan pekerjan yang semakin sedikit, dalam pekerjaan itu sendiri  sekarang mempunyai standar untuk diterima sebagai karyawan  dan adanya kontrak pegawai.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)