tugas isd ke 6

Nama: Arif Sumarsono
NPM: 1B117019

1. Apa yang anda ketahui tentang potensi-potensi pemuda berikut ini :
a.        Idealisme & daya kritis
Jawab:
Yang saya tahu idealisme adalah suatu keyakinan pada diri kita terhadap sesuatu berdarakan fakta, pengalaman dan budaya yang ada jadi pada dasarnya idealisme tiap orang bisa sama bisa juga tidak. Daya kritis adalah bagaiaman seseorang dapat berpikir kritis dan bagaimana cara memecahkan masalah yang ada, jika ada orang yang mempunyai daya kritis maka sesungguhnya dia mencari tahu atas kebenaran yang ada dan memiliki argumen untuk menangaggapi suatu gagasan.

b.       Dinamika & kreatifitas
Jawab:
Setahu saya dinamika adalah perbedaan yang ada pada suatu individu ataupun kelompok, dinamika dapat diartika sebagai penelahaan seseorang dari perubahan-perubahan mengabil dari suatu fakta atau kejadian sosial yang ada. Sedangkan kreatifitas adalah cara berpikir, berperilaku secara kreatif artinya mampu membuat sesuatu hal yang baru dan dapat pindah dari zona nyaman yang ada. Kreatifitas dapat tumbuh ketika seseorang mulai mangalami suatu permasalahan atau berpikir maju  kedepan dan berpikir ide-ide apa saja yang bisa saaya buat dan lakukan.

c.        Keberanian mengambil resiko
Jawab:
Pendapat saya adalah baik dan bagus untuk dilakukan tetapi dalam batas wajaar artinya mengetahui dampak dan  resiko apa yang dapat ditimbulkan dari keputusan kita dalam mengambil resiko yang ada. Sebagai contoh jika mau sukses kita harus berani mengambil resiko walaupun kegagalan pasti ada dan menghantui setiap orang dan jika sudah mengambil  jalan yang kita tempuh kita harus berani dalam menghadapi setiap kemungkinan dari sini kita dapat memiliki pengalaman dan dapat tumbuh menjadi pribdai yang berani dan siap melakukan koreksi jika mengalami kesalahan menuju diri yang lebih baik. 

d.       Optimisme & penuh semangat
Jawab:
Sikap ini bagi saya sangat diperlukan pengertian optimisme adalah bagaimana kita dalam menghadapi kehidupan harus berpikir postif dan yakin dengan kemampuan diri yang ada. Penuh semangat adalah  sikap pantang menyerah dan tekun dalam menghdapi setiap permasalahan artinya dalam dirinya selalu ditumbuhi rasa percaya diri dan yakin atas apa yang dia kerjakan.

e.        Sikap mandiri & disiplin
Jawab:
Sikap mandiri & disiplin adalah sikap yang menujukan bahwa dirinya adlah pribadi yang mampu dan disiplin artinya tidak bergantung terhadap orang lain dan percaya pada potensi diri yang ada bahwaa dia sendiri dapat melakukan pekerjaan yang dilakukanya.  Disiplin adalah sikap dimana seseorang memiliki tanggung jawab atas pekerjaan atau aturan yang ada dan dilakukan secara teratur artinya berusaha menumbuhkan sikap mentaati peraturan atau melakukan suatu pekerjaan yang sedang dia kerjakan.

f.         Terdidik
Jawab:
Menurut  saya terdidik adalah seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan atau ilmu dalam menjalami pekerjaan atau kehidupan sosial. Terdidik disini bukan hanya mempunyai gelar ataupun mempunyai gelar yang tinggi semata melainkan dapat menjalankan dan melakukan tugas atau kegitan sosial dengan baik dengan ilmu  yang dimiliki tentunya.

g.       Keanekaragaman dalam persatuan & kesatuan
Jawab:
Keanekaragaman merupakan suatu keberegaman dan perbedaan dalam suatu wilah atuapun suatu negara tentunya jika tidak diikiuti dengan persatuan dan kesatuan keanekaragaman tidak dapat bersatu dan menjadi tercerai berai. Sebagai mahasiswa saya sadar bahwa mennciptakan nilai persatuan dan kesatuan sangat penting untuk dilakukan untuk menciptakan perdamainan, toleransi dan hidup rukun berdampingan dengan keberagaman yang ada.

h.       Patriotisme & Nasionalisme
Jawab:
Yang saya ketahui tentang patriotisne dan nasionalisme bagaimana cara agar kita dapat membela negara dengan prestasi ataupun pantang menyerah dan rela berkorban tentunya. Nasionalisme didapat melaui nilai dan kebudayaan yang ada yakni menjadikan suatu negara atau wilayah yang dicintai mencapai suatu cita-cita yang tinggi dan memiliki kesetian dan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

i.         Sikap ksatria
Jawab:
Sikap ksatria bagi saya adalah rela berkorban, rela mengalah demi kebaikan dan kepentingan banyak orang. Sikap ini mencerminkan orang yang bersungguh-sungguh dalam membela negara dan masyarakat tentunya jarang yang ada memiliki sifat ini.

j.         Kemampuan penguasaan ilmu & teknologi
Jawab:
Menguasi ilmu dan teknologi merupakan kemampuan atau skill seseorang dalam wawasan, pengetahuan dan teknologi. Artinya tergantung pada kecakapan seseorang dalam mempelajari ilmu dan teknologi untuk menguasai dan menyerap ilmu tersebut untuk dipergunakan tentunya diharapkan kearah yang lebih baik. Jika seserang mampu mengusai ilmu dan teknolohi dengan baik tentunya diharapkan mampu mengembangkan ilmu tersebut dan dapat berguna secara luas nantinya.

2. Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya "Mencerdaskan kehidupan Bangsa" ?
Jawab:
            Menurut saya banyak hal yang dapat dilakukan dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa salah satunya adalah membangun manusia yang unggul, berdaya saing dan kreatif tentunya ini dapat dilakukan dengan melakukan pembenahan pada proses pendidikan yang ada dan melakukan pembinaan terhadap disiplin ilmu yang berkaitan. Tentunya melakukan revolusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat dimulai dari pemerintahan atau publik figur itu sendiri barulah masyarakat akan mengikuti dan mulai mengerti bahwa ilmu yang bermanfaat dan kejujuran dapat membuat bangsa menjadi makmur dan sejahtera.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)