tugas isd ke 2

Nama: Arif Sumarsono
NPM: 1B117019

Pertambahan penduduk suatu daerah atau negara pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor-faktor demografi;
A. Mortaliitas
B. Fertilitas
C. Migrasi

 1. Jelaskan masing-masing hal tersebut?
Jawab:

A.     Mortalitas adalah tingkat kematian yang terjadi akibat faktor pro mortalitas dan anti mortalitas. Hal ini sangat berkaitan dengan tingkat pertambahan penduduk disuatu daerah karena mortalitas adalah suatu faktor yang mengimbangi tingkat kepadatan penduduk disuatu daerah.
Contohnya adalah tingkat kematian yang tinggi karena akibat sarana prasarana rumah sakit yang tidak memadai dan tingkat keasadaran masyarakat tentang pola hidup sehat membuat tingkat kematian menjadi tinggi dan mempengaruhi tingkat pertembuhan penduduk didaerah tersebut.

B.      Fertilitas atau tingkat kelahiran di suatu daerah tentunya mempengaruhi pertambahan penduduk di suatu daerah, karena tingkat kelahiran yang tinggi berarti kepadatan atau populasi penduduk akan semakin meningkat begitu pula dengan tingkat kelahiran yang rendah yaitu suatu kondisi dimana jumlah populasi penduduk yang sedikit.
Contohnya adalah suatu daerah yang tidak menerapkan sistem KB (keluarga berencana) pasti mempunyai jumlah tingkat kelahiran yang tinggi dan menyebabkan pertambahan penduduk meningkat pesat dan tidak terkendali.

C.      Migrasi sangatlah dibutuhkan untuk mengatur pertambahan penduduk. Peninjauan migrasi secara regional sangat penting untuk ditelaah secara khusus mengingat adanya densitas (kepadatan) dan distribusi penduduk yang tidak merata, adanya faktor – faktor pendorong dan penarik bagi orang – orang untuk melakukan migrasi.
Contoh dari migrasi salah satunya yaitu banyaknya orang yang melakukan migrasi  ke kota kota besar karena disana terdapat lapangan pekerjaan, pendidikan yang baik dan banyak faktor pendukung lain yang menjadikan pemicu mengapa migrasi ke kota besar sering kali dilakukan, hal ini berakibat dengan tingkat kepadatan penduduk menjadi semakin padat di kota tersebut.


 2. Bagaimana pandangan anda tentang pertambahan penduduk di Indonesia?
Jawab:

Pandangan dan saran saya mengenai pertambahan penduduk di Indonesia salah satunya tentang masalah pemerataan pembangunan dan lapangan pekerjaan. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang besar. Seharusnya pembangunan tidak hanya terpusat di pulau jawa saja, karena mengakibatkan migrasi besar-besaran penduduk ke pulau jawa.

Berdasarkan data perhitungan proyeksi penduduk Indonesia 2010-2045, pada tahun 2015, penduduk di Pulau Jawa lebih padat dibanding pulau lainnya, yakni sekitar 149.162 juta dengan luas wilayah 128.297 km persegi. Penduduk Indonesia 60-70 persen ada di Jawa.

Menurut saya Ketimpangan tersebut seharusnya diatasi dengan pemerataan pembangunan serta sarana dan prasarana seharusnya tersebar di seluruh Indonesia agar penduduk di Indonesia tersebar dan tidak terpusat di pulau jawa saja. Pemerataan pembangunan di seluruh daerah di Indonesia mempengaruhi tingkat lapangan pekerjaan dan mengurangi migrasi karena tersedianya kebutuhan masyarakat di daerah tersebut. Tingkat harapan kehidupan dan penerapan keluarga berencana juga sebaiknya disosialisasikan dan dioptimalkan supaya kualitas hidup masyarakat Indonesia meningkat.



Sumber:
-          https://ikhsankarim.wordpress.com/2014/11/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pertumbuhan-penduduk/
-          http://ekonomi.kompas.com/read/2017/07/11/181303426/70.persen.penduduk.indonesia.di.jawa.tapi.tanahnya.cuma.6.persen.


                      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)