tugas isd ke 4

Nama: Arif Sumarsono
NPM: 1B117019


Masa remaja adalah masa transisi dan secara psikologis cukup problematis, terkadang mereka bisa melanggar norma dan rentan terhadap berbagai pengaruh negatif, termasuk pengaruh new media.

1. Sebagai mahasiswa, bagaimana menurut anda agar para remaja dapat membentengi dirinya sendiri ? agar tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif yang dapat merugikan 
Jawab:

Masa remaja adalah masa peralihan dimana kita harus senantiasa membentengi  diri dengan cara melakukan kegiatan yang positif seperti aktif dalam organisasi sekolah, masyarakat dan juga aktif dalam kegiatan keagamaan agar kita terhindar dengan kegiatan yang negatif. Selain itu, selektif dalam pergaulan merupakan salah satu cara agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang tidak diinginkan.
Sebagai mahasiswa tentunya dan juga sebgai remaja dewasa hal yang dapat dilakukan untuk mengindari kegitan negatif salah satunya adalah dengan membuat suatu organisai mahasiswa yang bermanfaat, serta bersosialisasi dan berperan aktif pada kegiatan mahasiswa yang positif. Menghormati dosen dan mengerjakan tugasnya dengan baik juga merupan cara agar mensibukan pikiran dari kegiatan yang negatif. Tentunya kita juga harus pandai dalam memilih teman agar tidak salah pergaulan dan membentengi diri dengan kegiatan keagamaan.


2. Bagaimana media dapat memberi dorongan pada remaja untuk dapat mengeksplore potensi dirinya, bukan malah sebaliknya ?
Jawab:

Media merupakan suatu instrumen yang dapat memberikan efek positif maupun negatif. Untuk dapat mengeksplore potensi dan kelebihan pada remaja khususnya diperlukan filter yang sesuai untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Media sosial contohnya media sosial digunakan sebagai sarana untuk mengaktualisasikan diri. Pada media sosial remaja berusaha menunjukkan bahwa dirinya memiliki potensi yang tidak dimiliki oleh orang lain. Sehingga ia mampu diterima, diakui, dan dihargai keberadaannya. Hal ini dilakukan terutama oleh para remaja yang sedang berusaha mencari jati diri.
Pengalaman pribadi saya mengenai hubungan media dengan jati diri kita yaitu kita berusaha mencari tahu dan tanpa disadari mengeksplore lebih jauh mengenai minat dan bakat kita melalui berbagai media, internet contohnya. Dengan mendalami dan memahami diri lebih jauh kita dapat merasakan potensi diri tentunya sekali lagi media sangat berpengaruh dan mempengaruhi pola pikir dan kepribadian serta minat dan bakat seseorang.


3. Pemuda Pemudi harapan bangsa, sebagai generasi penerus apa yang harus dipersiapkan agar dapat mengharumkan nama keluarga, lingkungan dan Bangsa Indonesia ?

Jawab:

Mencintai adat budaya, cinta tanah air dan menjujung rasa nasionalisme kebangsaan yang tinggi di lingkungan sekitar merupakan cara dan implementasi kita dalam menghormati dan mengharumkan nama bangsa, lingkungan dan keluarga. Remaja mempunyai suatu kewajiban yaitu dengan cara belajar dengan bersungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa. Dengan bekal dan ilmu pengetahuan yang cukup sebagai remaja kita dapat mengamalkan ilmu tersebut dan membuat harum nama bangsa contohnya dengan menjadi juara pada olimpiade matematika, sains, ataupun atlet sekalipun. Dalam era sekarang ini sebagai remaja kita janganlah terpengaruh dengan media dan budaya asing yang negatif oleh karena itu para remaja haruslah menanamkan nilai kebangsaan dan memfilter diri dari berbagai media informasi yang dapat mengurangi kecintaan terhadap tanah air Indoesia.



Referensi:
-          http://olvista.com/cara-menghindari-narkoba-bagi-remaja-12-tips/
-         https://student.cnnindonesia.com/inspirasi/20160610132329-322-137180/bijak-dalam-menggunakan-media-sosial/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)