Perbandingan 2 Jurnal Artificial Intelligence for Speech Recognition

ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR SPEECH RECOGNITION
By
IRFANA TABASSUM T
April 18, 2010
Rangkuman
Pada saat anda menghubungi nomor telpon kantor perusahan besar, pastilah anda mendapati suara wanita dengan bahasa yang baku dan diberikan opsi untuk memilih apa layanan yang akan anda pilih atau nomor ekstensi mana yang akan anda tuju. AI dapat membantu pekerjaan manusia seperti halnya dengan speech recognition atau pengenalan suara yang dapat membantu dalam mengurangi suatu pekerjaan. Metode yang digunakan pada AI speech recognition ini dapat berupa pencarian dan optimasi, logika, probabilistic, klasifikasi, Jaringan syaraf tiruan, teori control dan bahasa. Speech recognition akan merevolusi dalam seseorang atau perusahaan dalam hal bisnis bisa melalui voice xml, web dll. Lingkungan pada pengenalan suara juga harus dikelompokan agar sistem tersebut dapat bekerja dengan tepat dan efektif selain itu tata bahasa yang baik juga harus diperhatikan agar pengguna dapat mengerti dengan baik apa yang diucapkan oleh komputer.

Advances in Artificial Intelligence Using
Speech Recognition
Khaled M. Alhawiti
Rangkuman
Speech recognition menawarkan kesempatan lebih luas untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan komputer sehigga dapat membantu mengerjakan tugas rutin sehari-hari dengan efektif dan nyaman. Memahami semua model statistik pada speech recognition (pengenalan suara) termasuk model akustik (AM), model bahasa (LM), model leksikon, dan model Markov tersembunyi (HMM). Membuat pola pengenalan suara secara terstruktur yaitu membuat urutan-urutan kata, mengatur pola bicara, intensitas suara,  dll sehingga sinyal masukan (speech recognition) dapat berfungsi dengan baik. Metode yang digunnakan yaitu fonetik akustik, metode pengenalan pola, dan pendekatan kecerdasan buatan. selain itu hal yang harus dilakukan adalah membuat kerangka matematis agar pola bicara dapat terjadi secara konstan, memberi label pada sampel suara yang telah dilakukan pegujian dan kombinasi pendekatan pola dan fonestik akustik.

Perbandingan Kedua Jurnal
Jurnal 1
Pengenalan suara menggunakan metode AI speech recognition menggunakan metode optimasi, logika, probabilistic, klasifikasi, Jaringan syaraf tiruan, teori control dan bahasa. Pada jurnal pertama membahas tentang otomasi saat pemanggilan telpon contohnya pada nomor telpon perusahaan besar. Penggunaan AI speech recognition pada jurnal satu lebih ditunjukan pada proses bisnis yaitu voice xml, web  dan sebagainya.

Jurnal 2
Pada jurnal ini metode yang digunakan adalah metode fonetik akustik, metode pengenalan pola, dan pendekatan kecerdasan buatan. jurnal dua membahas tentang cara memahami model statistik pada speech recognition dan lebih mengutamakan bagaimana cara untuk melakukan tugas decoding secara realistis yaitu menguraikan kata secara berurutan dan terstruktur agar speech recognition dapat berjalan dengan baik.

Sumber:


Anggota Kelompok :
-          Arif Sumarsono (1B117019)
-          Sandi Duta Maulana (1B117040)
Kelas                     : 2KA05

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)