isd tugas ke 10

NAMA: ARIF SUMARSONO
NPM: 1B117019

Soal :
1. Apa yang anda ketahui tentang Prasangka & Diskriminasi ?
Jawab:
Prasangka adalah dugaan atau praduga dalam memikirkan atau bersikap baik postif maupun negatif terhadap individu atau kelompok tertentu. Faktor prasangka dapat terjadi karena faktor sosial dan faktor individu, apabila tekanan dalam melihat prasangka adalah konteks sosialnya, tentu saja faktor sosial merupakan faktor terpenting. Sedangkan bila konteks individu yang ditekankan, maka faktor individual bisa jadi dinilai lebih penting.
Diskriminasi adalah perlakuan tidak baik atau rasa ketidakadilan dalam memandang, bersikap, dan memberlakukan suatu individu ataupun kelompok. Sikap disikrimitif yang sering terjadi dapat berupa penggolongan sosial, ras, agama, warna kulit, bentuk fisik dll.
jadi dari pengertian diatas dapat diartikan bahwa prasangka adalah suatu dugaan yang terjadi baik itu baik maupun buruk yang kita pikirkan selama ini sedangkan diskriminasi adalah perlakukan kurang menyenangkan yang seharuhnya dihindari karena dapat menganggu dan merugikan orang lain.

2. Apa yang anda ketahui tentang Etnosentrisme ?
Jawab:
Etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budayanya. Sikap etnosentrisme juga terkadang menimbulkan penilaian terhadap pribadi atau pun suku tertentu dalam menilai suatu adat dan kebudayaan diwilayah masing-masing sebagai yang terbaik. Dampak negatif yang ada misalnya dapat menimbulkan konflik antar suku namun dampak baiknya yakni berupa menjaga keutuhan dan stabilitas kebudayaan.
Menurut saya sikap ini masih sering terjadi di indonesia artinya menganggap bahwa budaya sendiri lebih baik dari kebudayaan lain. Sikap ini sebaiknya dihindari karena dapat ememecah persatuan dan kesatuan bangsa.

3. Bagaimana upaya untuk mengurangi atau menghilangkan prasangka & diskriminasi ?
Jawab:
Menurut saya Prasangka & diskriminasi dapat dikurangi dengan cara menganggap semua manusia memiliki kedudukan yang sama dihadapan tuhan dan meyakini bahwa setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekuranganya masing-masing artinya setiap mausia memiliki keistimewaanya sendiri. Dengan begitu setiap orang akan berpikir banhwa berprasangka dan berperilaku diskriminatif itu tidak baik dan akan menngurangi tingkat atau resiko orang yang melakukan kegiatan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)