Sistem Informasi Rekrutmen Berbasis Web Pada Bank Syariah Mandiri Palembang


Sistem Informasi Rekrutmen Berbasis Web Pada Bank Syariah Mandiri Palembang
Juliana1, Mardiani2, Fransiska Prihatini Sihotang3
 1,3STMIK dan 2AMIK GI MDP; Jl. Rajawali No. 14 Palembang,
+62 (711) 376400 Kampus STMIK GI MDP
 1,3Jurusan Sistem Informasi dan 2Manajemen Informatika, STMIK GI MDP, Palembang
e-mail: 1kenal.julie@gmail.com, 2mardiani@mdp.ac.id, 3fransiskaps@mdp.ac.id

           
Bank Syariah Mandiri Palembang (BSM) saat ini belum menerapkan teknologi informasi. Seringkali (BSM) dihadapkan dengan masalah dalam memproses kegiatan menyimpan data para pelamar yang masuk setiap harinya. Oleh karena itu dibutuhkan penggunaan teknologi informasi terkomputerisasi untuk membantu menyelesaikan beberapa masalah yang sering terjadi seperti mengelola data pelamar pekerjaan dan merekapitulasi data pelamar agar data secara berkala dapat ditinjau oleh manajer . Metodologi yang dipakai adalah metodologi Rational Unified Process (RUP). Peneliti menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database management system (DBMS).
Berdasarkan hasil wawancara dengan staf Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di Bank Syariah Mandiri Demang (BSM Demang), bagian terpenting di dalam perusahaan adalah Sumber Daya Manusia (SDM), apabila SDM yang dipilih tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan pengelolaan SDM tidak dilakukan dengan baik maka akan menghambat proses bisnis di perusahaan tersebut.
Pihak BSM Demang menginginkan sebuah aplikasi yang dapat membantu mereka dalam mengelola data para pelamar dan memudahkan mereka mencari data pelamar sesuai kebutuhan. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti tertarik untuk membuat laporan tentang “Sistem Informasi Rekrutmen berbasis Web pada Bank Syariah Mandiri Palembang”.
Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari: konsep dasar sistem, karakterisitik sistem, klarifikasi sistem, konsep informasi, sistem informasi, konsep object oriented, unified modelling language (UML), world-wide web (WWW), halaman web, Mengenal MySQL, PHP dan simple additive aeighting (SAW).
Metodologi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Rational Unified Process (RUP) yang terdiri dari empat fase.
1.      Inception: tahap ini lebih pada memodelkan proses bisnis yang dibutuhkan (bussines modeling) dan mendefinisikan kebutuhan akan sistem yang akan dibuat.
2.      Elaboration: Tahap ini lebih difokuskan pada perencanaan arsitektur sistem. Tahap ini juga dapat mendeteksi apakah arsitektur sistem yang diinginkan dapat dibuat atau tidak.
3.      Construction: Tahap ini fokus pada pengembangan komponen dan fitur-fitur pada sistem, lebih kepada implementasi dan pengujian perangkat lunak pada kode program.
4.      Transition Tahap ini lebih kepada deployment atau instalasi sistem agar dapat dimengerti oleh user.

Akhir dari keempat fase ini adalah produk perangkat lunak yang sudah lengkap. Keempat fase pada RUP dijalankan secara berurutan dan iteratif dimana setiap iterasi dapat digunakan untuk memperbaiki iterasi berikutnya.
Setelah dilakukan analisis tehadap sistem yang ada (sistem yang berjalan) pada kantor BSM Demang, maka dapat diidentifikasikan beberapa masalah yang akan diuraikan dengan menggunakan kerangka PIECES.

Analisis kebutuhan digunakan dengan pembuatan use case untuk mendapatkan dan menganalisis kebutuhan yang diharapkan berguna untuk sistem yang akan dibangun serta Activity Diagram yaitu memasukan nilai seleksi wawancara menggambarkan aktivitas yang dilakukan oleh Admin dalam berinteraksi dengan sistem untuk melakukan kegiatan menyimpan nilai seleksi.

Sistem yang dibangun pada (BSM Demang) yaitu sebagai berikut: 1. halaman awal website, Pada menu utama ini pengunjung website dapat mengakses berita terkini, dan mendaftarkan lamarannya pada menu yang telah disediakan. 2. Halaman penilaian seleksi lamaran online. Pada form penilaian seleksi lamaran online ini Admin dapat memasukkan penilaian pada setiap indikator yang telah diisi oleh pelamar yang mendaftarkan lamarannya di website. 3. Halaman laporan seleksi hasil lamaran, berisi informasi/pengumuman pelamar yang lolos seleksi lamaran online dan berhak mengikuti tahap tes wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hasil kesimpulan dan pembahasan yang dapat dilakukan adalah dapat membantu mengelola (MSDM) secara mudah, pencarian data lebih cepat dan efisien serta menjadi bahan tinjauan bagi pihak manajer. Saran dari peneliti yang patut disampaikan kepada (BSM) salah satunya tentang pengembangan website dengan menambahkan fitur psikotes online dan memperluas cakupan sistem yang terhubung satu sama lain.


Anggota Kelompok :
-          Arif Sumarsono (1B117019)
-          Sandi Duta Maulana (1B117040)
Kelas                     : 2KA05
Sumber: http://eprints.mdp.ac.id/1534/1/JURNAL.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)