Pengertian Informasi, Perbedaan Data Dengan Informasi



1.2.    PENGERTIAN INFORMASI

Informasi merupakan sumberdaya informasi yang terpenting yang disajikan untuk para pemakai. Informasi adalah data yang telah ditransformasi melalui suatu proses dan berguna bagi pemakainya. Berguna artinya suatu informasi tidaklah sama bagi semua orang terutama dalam level organisasi. Misalnya, jumlah penjualan perminggu merupakan informasi bagi seorang staf penjualan namun hal itu masih merupakan data bagi manager Penjualan karena informasi yang dibutuhkannya adalah jumlah penjualan yang dihasilkan oleh semua staf penjualan disuatu wilayah tertentu setiap bulannya.


Menurut beberapa sumber pengertian informasi adalah sebagai berikut :
1.      “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi sipenerima dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat dirasakan dalam mengambil keputusan-keputusan dimasa sekarang ataupun yang akan datang.”( Gordon, B. Davis, Accounting Information System  P.27 :1983 ) )
2.      “Informasi adalah pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan pengetahuan atau keterangan.” (Burgh & Starter, Accounting Information Systems P.67 :1982 )
3.      “Informasi adalah suatu data yang penting yang memberikan pengetahuan yang berguna bagi pemakainya.”(George R. Terry, Phd, Information System P.5 :1982 )
Informasi atau data (bahan baku informasi) merupakan fakta yang dimasukkan, disimpan dan diproses oleh SIA. Dengan kata lain informasi adalah data yang terorganisasi, berarti dan berguna.
Sifat-sifat informasi antara lain :
  • Eksternal
Bersifat mandatory (perintah) dan essential (sangat diperlukan)
  • Internal
Bersifat discretionary(kebebasan yang ditentukan) Nilai (value) informasi terdiri dari :
benefit :  ketidakpastian yang berkurang
improved decision : perencanaan dan penjadwalan yang semakin baik
cost : mendapatkan data, memproses data, menyimpan data, melaporkan
Karakteristik Informasi yg Berguna
  1. Relevant (relevan)
Menambah pengetahuan atau nilai bagi pengambil keputusan dengan mengurangi ketidakpastian, meningkatkan kemampuan untuk meramalkan atau mengkonfirmasi atau membetulkan harapan sebelumnya.
  1. Reliable (dapat dipercaya)
Tidak ada kesalahan atau tidak bias dan akurat untuk suatu kejadian atau aktivitas organisasi
  1. Complete (lengkap)
tidak mengabaikan data penting
  1. Timely (tepat waktu)
Tersedia tepat waktu untuk pengambilan keputusan
  1. Understandable (dapat dimengerti)
      Dalam bentuk yang dapat dimengerti
  1. Verifiable (dapat dibuktikan kebenarannya)
Menghasilkan informasi yang sama dari dua orang yang saling independen.

Perbedaan data dan informasi

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih bersifat mentah, sehingga memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep. Sedangkan, Informasi adalah hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

Data mencakup fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti, yang diubah menjadi informasi oleh suatu pengolah informasi.Informasi memiliki arti bagi pemiliknya. Pengolah informasi menyediakan informasi dalam bentuk lisan maupun tertulis. Informasi berasal dari sumber-sumber internal maupun lingkungan dan digunakan untuk membuat keputusan untuk memecahkan masalah. Komputer mula-mula digunakan sebagai system informasi akutansi (SIA) tapi kemudian disadari memiliki nilai potensi sebagai suatu sitem informasi manajemen (SIM). Selanjutnya perhatian meluas pada system pendukung keputusan (decision support system) DSS, kantor virtual (virtual office) dan systemberbasis pengetahuan (knowledge-based system).


Sumber:    
- https://erika0391989.wordpress.com/sistem-informasi-akuntansi/
- http://oneway-kurniasurbakti.blogspot.co.id/2013/05/perbedaan-data-dan-informasi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)