Kepemimpinan/Leadership

Kepemimpinan
Apa kalian tahu apa itu kepemimpinan?
Menurut saya kepemimpinan adalah proses mengikuti seseorang kepala/pemimpin untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
Apakah mengikuti seseorang dalam mencapai suatu tujuan organisasi sama dengan "follow" atau mengikuti dalam twitter? jawabanya Jelas Beda karena hanya bersifat pribadi.
back to topic...


Kepemimpinan
Pemimpin dan Kepemimpinan merupakan dua elemen yang saling berkaitan. Artinya, kepemimpinan (style of the leader) merupakan cerminan dari karakter/perilaku pemimpinnya (leader behavior). Perpaduan atau sintesis antara “leader behavior dengan leader style” merupakan kunci keberhasilan pengelolaan organisasi; atau dalam skala yang lebih luas adalah pengelolaan daerah atau wilayah, dan bahkan Negara.
Banyak pakar manajemen yang mengemukakan pendapatnya tentang kepemimpinan. Dalam hal ini dikemukakan George R. Terry (2006 : 495), sebagai berikut: “Kepemimpinan adalah kegiatan-kegiatan untuk mempengaruhi orang orang agar mau bekerja sama untuk mencapai tujuan kelompok secara sukarela.”

 Jadi sudah jelas bahwa kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan agar tercapainya suatu tujuan organisasi yang baik.
Saya mau cerita sedikit tentang kepemimpinan di Indonesia, yaaaa... sebenarnya saya sangat sedih dengan keadaaan di negeri ini karena yang benar saja, banyak orang yang jadi pemimpin tetapi tidak punya jiwa kepemimpinan yang baik, alhasil korupsi pun makin meraja lela karena kebanyakan pemimpin disini menjadi pemimpin dengan cara yang curang saya pun sangat merindukan pada jaman soeharto dulu walaupun beliau korupsi tetapi masih juga memikirkan bangsa karena pada jaman itu bisa dibilang keadaan lebih stabil dan soeharto juga merupakan bapak pembangunan Indonesia.


Sorry kawan out of topic jadinya, bagaimana sebaiknya ciri seorang pemimpin yang baik karena ini sangat penting untuk diketahui.

Menurut, George R Terry (2006 : 124), mengemukakan 8 (delapan) ciri mengenai kepemimpinan dari pemimpin yaitu :
(1) Energik, mempunyai kekuatan mental dan fisik;
(2) Stabilitas emosi, tidak boleh mempunyai prasangka jelek terhadap bawahannya, tidak cepat marah dan
      harus mempunyai kepercayaan diri yang cukup besar;
(3) Mempunyai pengetahuan tentang hubungan antara manusia;
(4) Motivasi pribadi, harus mempunyai keinginan untuk menjadi pemimpin dan dapat memotivasi diri sendiri;
(5) Kemampuan berkomunikasi, atau kecakapan dalam berkomunikasi dan atau bernegosiasi;
(6) Kemamapuan atau kecakapan dalam mengajar, menjelaskan, dan mengembangkan bawahan;
(7) Kemampuan sosial atau keahlian rasa sosial, agar dapat menjamin kepercayaan dan kesetiaan bawahannya, suka menolong, senang jika bawahannya maju, peramah, dan luwes dalam bergaul;
(8) Kemampuan teknik, atau kecakapan menganalisis, merencanakan, mengorganisasikan wewenang, mangambil keputusan dan mampu menyusun konsep.

Jadi, pemimpin yang punya jiwa kepemimpinan yang baik akan mencapai suatu keberhasilan dalam membangun suatu wilayah ataupun negaranya.


Referensi
George R Terry, Prinsip-Prinsip Manajemen, 124

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)