Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar


Nama: Arif Sumarsono
NPM: 1B117019
Kelas: 1KA15 

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.Dalambahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata LatinColere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang nilai, kebudayaan dan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu budaya dasar (IBD) identik dengan basic humanities. Humanities berasal dari kata Latin humanus yang artinya manusiawi, berbudaya. Dengan mempelajari ilmu budaya dasar diharapkan seseorang menjadi lebih manusiawi, dan lebih berbudaya. Masalah manusia tidak dapat dipisahkan dari masalah budaya atau pengetahuan budaya yang juga disebut sebagai humaniora.
Secara umum tujuan dari ilmu budaya dasar itu sendiri adalah untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian , pengetahuan mengenai berbagai kejadian yang ada dalam lingkungan kehidupan manusia yang berhubungan dengan kebudayaan itu sendiri. Dan dengan mempelajari ilmu budaya dasar membuat kita untuk lebih mengenal banyak budaya yang ada khususnya budaya kita sendiri. Dan tak hanya itu untuk menjaga keberadaaan budaya itu sendiri kita harus melestarikannya terutama bagi para generasi muda yang akan menjadi penerus dari budaya itu sendiri
Budaya adalah identitas , dengan menjaga budaya kita sendiri berarti kita menjaga jati diri atau identitas diri kita sendiri dan bangsa kita, dengan begitu orang lain akan lebih mudah untuk mengenal kita. Karena dengan melihat kebiasaan dan bagaimana cara berpakaiannya orang lain saja kita dapat mengetahui budayanya orang tersebut seperti darimana asalnya dan sebagainya. Contohnya saja seperti orang Indonesia yang terkenal dengan keramah tamahannya dan budayanya yang kaya yang tak dapat kita hitung dengan jari. Untuk itu lah kita patut berbangga dengan bangsa kita dengan keanekaragaman  budayanya.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar
  ü  Ilmu budaya dasar bertujuan untuk mengenal dirinya sendiri lebih dalam maupun orang lain yang 
          ia kenal luarnya saja
  ü  Mengenal perilaku diri sendiri maupun perilaku orang lain
  ü  Untuk pergaulan hidup dimasyarakat luas
  ü  Tidak terjerumus ke sifat-sifat kedaerahan dan sifat-sifat kekotaan
  ü  Memiliki pemikiran dan penglihatan yang jelas serta yang mendasar serta menghargai 
          budaya yang ada disekitarnya dan ikut melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita
  ü Peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta prilaku dan ketentuan manusia yang diciptakannya.

Diharapkan seseorang yang mempelajari ilmu budaya dasar ini dapat membangun minat dan kebiasaan tentang sesuatu yang terjadi sekitar lingkunannya dan dimana saja, menelan apa yang ia kerjakaan dan mengapa ia lakukan. Dan harapan orang yang mempelajari ini dapat memiliki keberanian moral untuk mempertanggung jawabkan nilai-nilai yang ia pertahankan dan dapat menerimanya.

Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Berbagai aspek kehidupan mansusia merupakan seluruh ungakapan masalah kemanusiaan dan budaya dang didekati menggunakan pengetahuan budaya (the humanities). Hakekat manusia yang satu atau universal, tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)