Sistem Informasi Manajemen 1 (Penulisan)



ABSTAK

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menganalisa bagaimana negara mengembangkan teknologi dengan serangkaian kebijakan industrial pada perusahaan komputer Lenovo. Teori ekonomi politik khususnya Developmental State digunakan untuk menganalisa studi kasus. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa negara berperan penting dalam pengembangan teknologi melalui pemanfaatan mekanisme pasar.
Kebijakan teknologi negara kemudian dirumuskan agar mampu menciptakan situasi yang kondusif bagi pengembangan teknologi. Hal tersebut menjadi sangat penting karena teknologi kini menjadi faktor pendukung bagi pembangunan ekonomi Cina.


PENDAHULUAN

Perkembangan kemajuan bidang teknologi dan informasi membawa dampak dalam berbagai kehidupan, baik secara individu maupun kelompok. Kemajuan teknologi ini menuntut individu untuk mampu merancang, membuat, dan menggunakan serta melaksanakan teknologi dalam kegiatan sehari-hari, dalam berbagai kegiatan pekerjaan, pendidikan, maupun kegiatan sosial. Penggunaan komputer dalam bekerja sangat membantu dan memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Penggunaan komputer dewasa ini sudah mencakup semua lapisan masyarakat baik komputer desktop maupun laptop.
Tinggginya peranan teknologi dalam kegiatan sehari-hari tidak dapat dilepaskan dari fungsi teknologi itu sendiri yang memudahkan pekerjaan. Tingginya penggunaan teknologi memaksakan suatu produsen untuk menyediakan permintaan masyarakat dalam fungsi yang fleksibel, yang memudahkan suatu kegiatan. Lenovo suatu produsen produk Lenovo dan Thinkpad berhasil menyediakan perimintaan konsumen yang tinggi, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ada di Indonesia.
Tingginya kebutuhan konsumen di Indonesia, memungkinkan membutuhkan support yang tinggi pula. Lenovo support yang ada di Indonesia terutama perusahaan PT. IBM-Jasa Teknologi Informasi merupakan salah satu support Lenovo yang dapat menyediakan support untuk masalah (Trouble Shooting ) produk Lenovo, IBM, dan ThinkPad. Support yang tersedia tentunya akan memberikan support terhadap masalah-masalah yang timbul dalam produk-produk Lenovo, IBM, maupun ThinkPad. Sehingga masalah yang dapat mengganggu penguna produk tersebut dapat diminimalkan. Sehingga dapat memaksimalkan fungsi dari produk Lenovo sehingga lebih efisien.



    images
SEJARAH LENOVO
Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Cina. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Lenovo juga menjual server, komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi teknologi informasi dan jasa dukungan kepadanya. Unit QDI-nya menawarkan produksi secara kontrak. Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambilalihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia. Pada 1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut. Lenovo didirikan di Cina pada tahun 1984, Lenovo adalah salah satu pemimpin global dalam bidang komputer. Menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang progresif dan bisa diandalkan. Laptop Lenovo adalah perangkat yang dapat membantu meningkatkan produktivitas secara pribadi dan juga dalam berbisnis.
Pada saat ini banyak bermunculan nama-nama perusahan yang bergerak dalam bidang yang sama seperti Lenovo,sehingga persaingan semakin ketat. Perusahaan perusahaan ini terus berlomba lomba untuk memberikan hal yang baru kepada konsumen khususnya di wilayah Indonesia. Pada saat ini Lenovo telah memiliki anak perusahaan di Indonesia yang bertempat di Ibu kota Jakarta dan pusat perusahaan Lenovo di Asia Tenggara adalah Singapore.
Dalam blog ini akan membahas mengenai nama merk dagang Lenovo yang belum banyak orang ketahui khususnya di Indonesia dengan pengaruh pemasaran barang dagang tersebut.
VisionStatement
“YOUR TRULY VALUE & RELIABLE IT PARTNER”
 Mission Statement
    a
  1. Kepercayaan Customers, Vendors, dan Staff adalah modal utama kami.
  2. Kami akan memberikan value terbaik untuk setiap pelanggan kami. Bukan hanya sekedar transaksi jual beli biasa.
  3. Kami akan memberikan Effort dan usaha terbaik serta kecepatan untuk bisa membantu dan menyelesaikan kebutuhan anda.
  4. Bagi kami, Partner adalah saling menguntungkan kedua belah pihak.
  5. Tanggung jawab adalah prioritas kami
 Tujuannya adalah ingin menjadikan produk lenovo dikenal sebagai produk laptop,pc,hp,tablet yang berkualita tinggi dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengguna di dunia dengan mengedepankan kualitas produk yang baik sesuai dengan value yang ditawarkan,sasarannya meliputi seluruh pengguna IT di dunia.
ANALISIS SWOT
g
Kekuatan :
  1. Integrasi vertikal. Strategi Lenovo untuk mengintegrasikan secara vertikal telah dilunasi. Perusahaan dapat menjaga biaya tetap rendah, bersaing dengan kecepatan, inventory control dan kurang pada produsen peralatan asli (OEM) mengandalkan.
  2. Pengetahuan tentang pasar Cina. Lenovo telah muncul di China dan terus menjadi salah satu pemain terbesar di pasar tanah air. Pengetahuan perusahaan pasar Cina dan kemampuan yang sesuai dengan selera Cina menghasilkan untuk penerimaan yang luas dan dukungan untuk produk-produk perusahaan.
  3. Biaya produksi rendah. Lenovo memproduksi hampir setengah dari perangkat keras dan telah mendirikan pabrik produksi di daerah murah seperti Cina, Brasil dan Argentina untuk mendapatkan keuntungan dari margin yang lebih tinggi. Hal ini juga mampu memproduksi produk murah yang harga yang kompetitif.
  4. Kompetensi dalam merger dan akuisisi. Lenovo telah terus mengakuisisi perusahaan untuk membawa paten, kemampuan baru, aset dan keterampilan untuk perusahaan. Yang paling penting, melalui akuisisi yang sukses dan usaha patungan, Lenovo diakses pasar baru dan jaringan distribusi. Compaq adalah yang paling terkenal dan sukses akuisisi Lenovo.
  5. Paten portofolio yang kuat. Dengan akuisisi Compaq dan periuk dan bantuan perusahaan R & D, Lenovo telah mengumpulkan portofolio paten penting yang berhubungan dengan PC-nya dan bisnis perangkat lunak.
  6. Sinergi pengetahuan dan beragam tenaga kerja. Alih-alih model markas tradisional, Lenovo mengelola 3 pusat keunggulan di seluruh dunia (Amerika Serikat, Cina dan Singapura). Menggabungkan keahlian yang berbeda dan hasil sumber daya dalam sinergi dan produk-produk berkualitas premium.

Kuesioner Internal Factor Analysis Strategy
Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Integrasi vertikal
3
0.23
3
0.69
Biaya produksi rendah
4
0.3
3
0.9
Paten portofolio kuat
3
0.23
3
0.69
Kompetensi dalam merger dan akuisisi
3
0.23
3
0.69
Total
13
0.99
12
2.16
ukuran pembobotan :                                                       ukuran rating kekuatan :
  • 1 : sedikit penting                                                            1 : sedikit kuat
  • 2 : agak penting                                                                2 : agak kuat
  • 3 : penting                                                                          3 : kuat
  • 4 : sangat penting                                                            4 : sangat kuat
Kelemahan :
  1. Miskin persepsi merek di negara maju. Pasar utama Lenovo adalah Asia, di mana ia menjual sebagian besar produksinya. Perusahaan merasa sulit untuk mengakses pasar Amerika Serikat dan Eropa sebagai persepsi merek rendah di sana.
  2. Diferensiasi rendah. Selain harga rendah, produk Lenovo yang sedikit dibedakan dari produk pesaing dan berada dalam kerugian kompetitif jika harga yang ditawarkan oleh pesaing yang lebih rendah.
  3. Produk komoditas. Arus besar pendapatan Lenovo berasal dari komputer, terutama laptop, penjualan, yang merupakan produk commoditized. Hardware (komoditas) produk komputer yang dijual dengan margin keuntungan yang sangat rendah.
Kuesioner Internal Factor Analysis Strategy
Untuk Mengetahui Kelemahan (Weakness)
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Miskin persepsi merek dinegara maju
4
0.3
-4
-0.12
Rendah deferensiasi
3
0.23
-3
-0.69
Komoditi produk
3
0.23
-3
-0.69





total
10
0.76
-10
-1.50
ukuran pembobotan :                                                   ukuran rating kelemahan :
  • 1 : sedikit penting                                                      * -1 : sedikit lemah
  • 2 : agak penting                                                         * -2 : agak lemah
  • 3 : penting                                                                  * -3 : lemah
  • 4 : sangat penting                                                     *-4 : sangat lemah
Peluang :
  1. Tumbuh pasar smartphone di India. Pasar smartphone di India adalah salah satu yang paling menembus antara negara-negara Asia / Pasifik. Lenovo dengan mudah bisa menembus pasar India dengan sudah sukses LePhone harga rendah.
  2. Pertumbuhan pasar tablet. Lenovo saat ini menempati urutan ke-4 sebagai penjual tablet terbesar. Perusahaan bisa meningkatkan pangsa pasar dengan memperkenalkan produk-produk berkualitas baik.
  3. Mendapatkan paten melalui akuisisi. Jika Lenovo ingin mempertahankan pertumbuhan, perlu mendapatkan lebih banyak paten dan cara terbaik untuk melakukannya adalah untuk mendapatkan perusahaan yang memegang mereka, seperti yang terjadi dengan IBM Compaq.
  4. Pertumbuhan pasar tablet. Pasar tablet diperkirakan akan tumbuh dua digit selama beberapa tahun mendatang dan perusahaan memiliki kesempatan besar untuk merilis model tablet baru dan manfaat dari pertumbuhan pasar.
Analysis Strategy
                                                                                                       Untuk Mengetahui Peluang
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Tumbuh pasar smartphone di india
2
0.2
2
0.4
Pertumbuhan pasar tablet
3
0.23
4
0.92
Mendapatkan paten melalui akuisisi
3
0.23
3
0.69
total
8
0.66
9
2.01
ukuran pembobotan :                                                                         ukuran rating peluang :
  • 1 : sedikit penting                                                                             * 1 : sedikit berpeluang
  • 2 : agak penting                                                                                 * 2: agak berpeluang
  • 3 : pentingan                                                                                      * 3 : berpeluang
  • 4 : sangat penting                                                                             * 4 : sangat berpeluang
Ancaman :
  1. Profit penurunan margin pada produk perangkat keras. Pendapatan utama Lenovo adalah dari menjual produk perangkat keras, yang harga akan meningkat di masa depan karena untuk kenaikan harga bahan baku. Hal ini akan menambah biaya untuk Lenovo dan selanjutnya akan memotong profit margin.
  2. Perlambatan laju pertumbuhan dari pasar laptop. Laju Pertumbuhan pasar komputer melambat dan dalam waktu dekat pasar akan menjadi jenuh. Ini akan membuktikan sulit bagi Lenovo untuk bersaing di pasar tersebut dan terus meningkatkan pangsa pasarnya.
  3. Jenuh pasar smartphone di negara maju. Meskipun Lenovo tidak bersaing di negara maju dengan smartphone itu akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan divisi smartphone dan memasuki ekonomi berkembang kemudian sebagai pasar smartphone ada sudah jenuh.
  4. Cepat perubahan teknologi. Ancaman serius yang Lenovo dan perusahaan teknologi lainnya yang dihadapi adalah perubahan teknologi yang cepat. Perusahaan berada di bawah tekanan untuk melepaskan produk baru lebih cepat dan lebih cepat. Salah satu yang tidak bisa mengikuti kompetisi segera gagal.
  5. Persaingan yang ketat. Perusahaan menghadapi persaingan yang ketat di semua segmen bisnis. Ini bersaing dari segi harga, kualitas, merek, teknologi, reputasi, distribusi dan berbagai produk, dengan Acer, Apple, Dell, HP dan Toshiba.
Analysis Strategy
                                                                                                       Untuk Mengetahui ancaman
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Laba penurunan margin pada produk perangkat keras
3
0.23
-3
-0.69
Perlambatan laju pertumbuhan dari pasar laptop
2
0.2
-2
-0.4
Pasar smartphone jenuh dinegara maju
2
0.2
-2
-0.4
Perubahan teknologi yang cepat
3
0.23
-2
-0.46
total
10
0.86
-9
-1.95
ukuran pembobot :                                                                ukuran rating ancaman :
  • 1 : sedikit penting                                                                * -1 : sedikit mengancam
  • 2 : agak penting                                                                   * -2 : agak mengancam
  • 3 : penting                                                                             * -3 : mengancam
  • 4 : sangat penting                                                                * -4 : sangat mengancam
Analisis Matrik SWOT
Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan di atas,  hasilnya dapat  dirangkum  sebagai berikut:
  • skor total kekuatan : 2.6
  • skor total kelemahan : -1.50
  • skor total peluang : 2.01
  • skor total ancaman : -1.95
dari skor total ini, maka penentuan posisi perusahaan dapat digambar sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada  Gambar ;
koordinat analisis internal :
(skor total kekuatan – skor total kelemahan): 2 = 0.55
koordinat analisis eksternal :
(skor total peluang – skor total ancaman):2 = 0.03
jadi titik koordinat terletak pada (0.55 ; 0.03 )
IMG00019-20130703-2343

Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut, maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :
Tabel
Luasan Matrik dan Prioritas Strategi
Kuadran Posisi titik Luas matrik Ranking Prioritas Strategi

I

2.01 ; 2.6

5.22

1

Growth

II

2.01 ; -1.50

-3.01

3

Stabilitas

III

-1.50 ; -1.95

2.92

2

Penciutan

IV

-1.95 ; 2.6

-5.07

4

Kombinasi


Uraian mengenai posisi ranking luas matrik kuadran pada Tabel diatas antara lain :
1. Ranking ke 1 : Pada kuadran ke I dengan luas matrik 5.22
2. Ranking ke 2 : Pada kuadran III dengan luas matrik 2.92
3. Ranking ke 3 : Pada kuadran II dengan luas matrik -3.01
4. Ranking ke 4 : Pada kuadran IV dengan luas matrik -5.07
blog
Keterangan :
  1. Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
  2. Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
  3. Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
  4. Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang
penjelasan :
  • kuadran I : strategi yang dilakukan adalah melakukan integrasi vertikal untuk kestabilan dan kenaikan pasar
  • kuadran II : mendapatkan paten akuisisi agar pertumbuhan pasar lenovo terhindar dari deferensiasi
  • kuadran III : terus memperluas promosi produk agar konsumen mengerti tentang produk lenovo
  • kuadran IV : Menggabungkan keahlian yang berbeda dan hasil sumber daya dalam sinergi dan produk-produk berkualitas premium.


KESIMPULAN
1.      Berdasarkan hasil penelitian eksplorasi, ditemukan delapan atribut notebook yang paling mempengaruhi konsumen keika membeli notebook yang paling mempengaruhi konsumen ketika membeli notebook yaitu harga beli, bentuk dan desain, biaya operasional dan perawatan, layanan purna jual, kecepatan kinerja,, citra merek, daya tahan baterai, dan fitur tambahan.
2.      Berdasarkan metode attribute rating, urutan atribut notebook  berdasarkan tingkat kepentingan yang paling penting hingga yang paling tidak penting adalah (1) kecepatan kerja, (2) harga beli, (3) daya tahan baterai, (4) layanan purna jua/garansi, (5) fitur tambahan, (6) biaya operasional dan perawatan, (7) bentuk dan desain, dan (8) citra merek.

SARAN
1.      Perusahaan-perusahaan notebook sebaiknya memperhatikan harga dengan manfaat produk yang ditawarkan. Konsumen sangat sensitif dengan kecepatan kinerja dan harga beli notebook. Sebaliknya, konsumen konsumen tidak terlalu mementingkan bentuk, desain dan cira merek. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan menetapkan strategi ”best value for money” di mana produk yang menawarkan harga tinggi harus disertai dengan pemberian manfaat yang tinggi pula kepada konsumen.
2.      Komunikasi pemasaran yang intensif dan efektif merupakan kunci dalam membangun positioning merek di benak konsumen. Perusahaan dapat membentuk persepsi konsumen teerhadap merek produk perusahaan melalui komunikasi pemasaran. Perusahaan notebook  sebaiknya menyampaikan pesan yang jelas mengenai atribut notebook yang diuunggulkan. Namun, komunikasi pemasaran yang baik sebaiknya diikuti dengan penwaran kualitas produk dan layanan yang baik agar konsuen tidak kecewa dengan apa yang dijanjikan oleh perusahaan di dalam komunikasi pemasaranya.

Daftar pustaka
http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/131931-SK 0022010 Ayu p - Politik pengembangan - Abstrak.pdf










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)