Pendidikan Kewarganegaraan Tugas 1 (Cinta Tanah Air)


Pengertian Cinta Tanah Air
Cinta tanah air adalah suatu kasih sayang dan suatu rasa cinta terhadap tempat kelahiran atau tanah airnya. Secara lebih kongkrit makna Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Definisi lain mengatakan bahwa Rasa cinta tanah air adalah

rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan. Contoh nyatanya misalnya berupa perjuangan para pahlawan yang telah rela menumpahkan darahnya demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sebagai seorang pelajar kita juga dapat menunjukkan rasa cinta kita terhadap tanah air dengan cara:

- Belajar dengan rajin dan menjadi orang yang pantai dan mapu melakukan inovasi baru agar
        bangsa tercinta kita tidak ketinggalan dengan bangsa lainnya 
- Menjaga kelestarian lingkungan hidup 
- Berbakti kepada orang tua , nusa dan bangsa  - Serta tindakan terpuji lainnya yang mampu    
   memberi nilai positif terhadap bangsa

Pentingnya Cinta Terhadap Tanah Air

Kemerdekaan bangsa Indonesia di dapat bukan atas hadiah dari bangsa penjajah namun merupakan perjuangan dari pahlawan yang telah rela berkorban harta, waktu serta nyawanya untuk kemerdekaan suatu bangsa yakni bangsa Indonesia. Dengan perjuangan pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Sejak itu, bangsa Indonesia bertekad untuk melindungi bangsanya dari  gangguan baik yang datang dari dalam maupun dari luar.Cara-cara meningkatkan rasa cinta tanah air:
      1.   Mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan kita serta menghargai
            jasa para pahlawan kemerdekaan.    
       2.  Menghormati upacara bendera sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa
            Indonesia.     
       3.  Menghormati symbol-simbol Negara seperti lambang burung garuda, bendera merah putih,
            lagu kebangsaan Indonesia raya, dll.    
       4.  Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri agar pengusaha local bisa maju sejajar
            dengan pengusaha asing.    
       5.  Ikut membela serta mempertahankan kedaulatan kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia
            dengan segenap tumpah darah secara tulus dan iklhas.     
       6.  Turut serta mengawasi jalannya pemerintahan dan membantu meluruskan yang salah sesuai
            dengan mekanisme yang berlaku.   
       7.  Membantu mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia kepada warga Negara asing
            baik di dalam maupun di luar negeri serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang
            mencoreng nama baik Indonesia.   
       8.  Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada acara-acara resmi dalam negeri.     
       9.  Beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa dan Negara.   
       10.Membantu mewujudkan ketertiban dan ketemtraman baik di lingkungan sekitar kita maupun  
            secara nasional.


            Kurang apa lagi Indonesia ini, negeri tercinta yang mempuncai sejuta keindahan, seni dan budaya. Saya sendiri bangga tinggal di Indonesia, penduduk yang sopan, ramah serta berbagai macam warisan alam, budaya, kuliner semua ada disini.

Berikut ini saya rangkum contoh dari berbagai macam warisan yang ada di Indonesia yang membuat saya makin cinta terhadap tanah air, cekiidoott:

1. Warisan Alam

Danau Kelimutu 
Danau KelimutuSatu lagi keajaiban alam yang dimiliki Indonesia. Kali ini tempat wisata alam yang bisa dibilang     sangat menakjubkan ini berada di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Berada di puncak sebuah gunung dengan nama yang sama, Danau Kelimutu menarik perhatian banyak wisatawan dalam dan luar negeri.
 
Pada tanggal 26 Februari 1992, Danau Kelimutu masuk dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu, sebuah taman nasional terkecil dari enam taman nasional yang ada di kawasan Bali dan Nusa Tenggara. Tempat wisata ini berada di puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut. Danau Kelimutu terdiri dari tiga buah ‘kubangan’ atau kawah dengan warna yang berbeda-beda.
Selain dikenal dengan nama Danau Kelimutu, tempat wisata ini juga dikenal sebagai Danau Tiga Warna. Sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan karena tiga kawah dengan jarak yang  berdekatan, namun memiliki warna air yang berbeda. Warna air danau umumnya adalah merah, putih dan biru, namun bisa berubah menjadi hijau, hitam dan coklat, atau variasi warna lainnya. Uniknya, saat para peneliti mencoba mengambil air danau ini sebagai sampel, airnya bening tanpa warna.
 

Pulau Komodo
 
Pulau KomodoPulau Komodo berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Pulau ini merupakan habitat asli binatang komodo, sejenis kadal raksasa pemakan daging. Di Pulau Komodo terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas. Anda bisa melihat komodo yang sedang mengincar mangsanya di banyak lokasi di tempat ini. Sangat penting untuk berkeliling bersama pemandu untuk alasan keselamatan selama berada di sini.

komodoPada tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo dan pulau-pulau lain di kawasan Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia karena keberadaan komodo yang hanya bisa ditemui di kawasan ini. Habitat dari hewan yang terancam punah ini adalah alam terbuka dengan padang rumput, pantai berpasir putih dan hutan hujan tropis.







Pulau Sempu
Pulau Sempu
Kecil namun menarik, menantang, dan menyimpan pesona luar biasa merupakan deskripsi yang cocok untuk Pulau Sempu, sebuah pulau kecil di Jawa Timur. Terletak di kabupaten Malang Selatan, Pulau Sempu menjadi daya tarik bagi para wisatawan terutama karena keindahan laguna   
di tengahnya, yakni Segara Anakan.
Pulau Sempu yang terletak di Desa Tambak Rejo ini merupakan lokasi yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Difungsikan sebagai cagar alam, pulau tak berpenduduk ini dihuni oleh bermacam-macam flora dan fauna khas hutan tropis seperti babi hutan dan kancil. Untuk mencapai pulau ini, Anda dapat bertolak dari Pantai Sendang Biru menggunakan perahu dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju atraksi utamanya, Segara Anakan, kombinasi cantik air biru yang tenang dan pasir putih seluas empat hektar.
 
Danau Singkarak
Danau SingkarakDanau Singkarak terbentang luas dan secara administratif masuk dalam dua wilayah kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Solok dan Tanah Datar. Dengan luas sekitar 1.000 hektar, danau ini menjadi yang terluas kedua di dataran Sumatera setelah Danau Toba. Danau dengan kedalaman 268 meter dan berada di ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut ini termasuk dalam jenis danau tektonik karena diperkirakan terbentuk karena pergeseran lempeng bumi.
 
Meskipun tergolong luas, namun tak banyak jenis ikan yang hidup di perairan Danau Singkarak. Hanya ada 19 jenis ikan yang tercatat hidup di danau ini. Hal ini dimungkinkan karena terbatasnya jumlah plankton yang menjadi makanan ikan pada umumnya. Plankton sulit hidup di sini karena tingkat kedalaman danau yang membuat cahaya matahari tidak bisa menembus dasar danau.
Karena keindahannya, Danau Singkarak menjadi salah datu tempat wisata yang ramai dikunjungi warga sekitar dan juga dari luar kota. Keindahan tempat wisata ini pertama kali dikenal luas pada tahun 1905 melalui jurnal biologi milik Ernst Haeckel, seorang peneliti dari Jerman. Tak hanya meneliti ekosistem Danau Singkarak dan sekitarnya, Haeckel juga terkagum-kagum dengan keindahan danau ini, sehingga membuatnya merangkum keindahan Danau Singkarak dalam sebuah lukisan.

2. Warisan Kuliner

Soto
 
Soto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Biasanya daging yang paling sering digunakan ialah sapi dan ayam. Beragam daerah di Indonesia mempunyai jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnya Soto Kediri soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar. dan Soto lamongan Soto juga umumnya dinamai menurut kandungannya, misalnya soto kambing, soto ayam, soto babad.
 
 
Rendang
Rendang ini merupakan salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya.
 
 
 
 

Sate


Sate ini merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Biasanya sate disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate). untuk menyantapnya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa sambal kecap, sambal kacang,  Lalu sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong. Kalau hari lebaran biasanya sate dimakan dengan ketupat. 



3. Warisan Budaya

Wayang
gambar warisan budaya indonesia | wayang | munsypedia | un1x projectWayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia pada tahun 2003. Wayang sebagai "Karya Agung Budaya Dunia" yang diakui oleh UNESCO bukan hanya wayang Jawa tapi wayang Indonesia, termasuk wayang Bali, wayang golek Sunda, wayang Lombok, dll. Tapi wayang yang lebih dikenal di Indonesia adalah wayang kulit Jawa. Wayang Kulit terbuat dari kulit hewan biasanya Sapi, Lembu, Kambing. Bentuk wayang sangat menarik dengan melihat keindahan artistik pahatan dan pewarnaan sang wayang. Cerita-cerita yang dimainkan berkisah tentang dewa-dewi, persilatan, percintaan dan kepahlawanan yang pertunjukkannya selalu diiringi dengan musik gamelan. Sang dalang dalam pertunjukan wayang sangat pandai membawa suasana emosi penonton mulai dari serunya peperangan sampai cerita lucu yang dibawakan sang dalang sampai membuat penonton tertawa. Tahun 1950-1960-an adalah puncak kejayaan wayang yang diakui para peneliti Barat, Boas sebagai seni pertunjukan terindah di dunia.

Keris

gambar warisan budaya indonesia | keris | munsypedia | un1x projectUNESCO menyatakan Keris sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 25 November 2005. Keris merupakan senjata tradisional Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Raja-raja di nusantara menjadikan keris menjadi senjata pusaka. Keris telah digunakan sejak abad ke-9 dibuat dengan logam dan gagangnya dibuat dari tulang, tanduk atau kayu. Keris dibuat dari logam yang berkualitas. Keris Kuno bahkan logamnya berasal dari meteor yang jatuh ke bumi. Para Peneliti menyebut bahwa keris kuno mengandung unsur logam titanium suatu bahan yang baru pada abad 20 digunakan sebagai bahan pelapis kendaraan angkasa luar, tapi ternyata para Mpu pembuat keris telah menemukannya terlebih dahulu sebagai bahan pembuat keris.
Batik
 
gambar warisan budaya indonesia | batik | munsypedia | un1x projectBatik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Batik dihasilkan dengan proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin panas dengan menggunakan canting. Batik biasanya digambar pada kain katun dan sutra. Kesenian batik telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya.
Menurut Prof. Yohanes Surya, PhD, ahli fisika Indonesia, Batik adalah lukisan tentang alam dan dinamikanya. Berbeda dengan para pelukis naturalis yang melukis alam persis seperti apa yang dilihatnya, para pencipta batik melukis alam dari sisi yang lebih dalam. Pencipta batik mencari pola dasar dari suatu fenomena yang dilihatnya itu. Dari pola dasar ini ditambah dengan beberapa aturan sederhana, pencipta batik dapat menghasilkan lukisan batik. Butuh suatu kejeniusan untuk melihat pola dasar dan mencari aturan ini.

Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Contoh dan Fungsi Dari GUI

Sistem Informasi Manajemen (Tugas 3)